Sabtu, 07 Maret 2009

Ada banyak hal yang akhirnya aku pahami tentang sebuah pernikahan. Kenapa begitu banyak orang yang rasanya sulit sekali untuk memutuskan kapan akan segera melegalkan hubungannya padahal hubungan itu sudah berjalan tahunan, bahkan umurpun terbilang sudah tidak muda lagi. Ternyata menikah memang tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak hal yang akhirnya terjadi setelah kita menikah yang bahkan tidak pernah kita bayangkan pada saat berpacaran. Ada hal-hal yang indah, bahkan ada hal yang sampai bisa membuat kita mengurut dada. Ada sebuah pendapat dari seorang psikolog, "jangan berharap terlalu banyak dengan pernikahan". Awalnya aku kurang setuju, apa maksudnya? Bukankah dengan menikah kita berharap kehidupan akan berjalan jauh lebih baik, paling tidak kita mempunyai seorang "soulmate" yang akan bisa di ajak berbagi kapan saja, tentang apa saja..... Belakangan baru aku mengerti apa maksudnya, banyak hal terjadi setelah kita menikah yang tidak seperti keinginan kita, jadi kalau dari awal kita sudah mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tidak indah yang mungkin menyapa kehidupan perkawinan kita, mudah-mudahan kita sudah lebih siap menghadapinya.
Menikah berarti memutuskan untuk menghabiskan sisa hidup dengan orang yang terpilih untuk di cintai, ternyata salah jika kita berpikir kehidupan perkawinan tak akan berbeda dengan kehidupan sebelum menikah. Dalam kehidupan perkawinan membutuhkan lebih banyak kesabaran, toleransi, kompromi, pengertian dan tentu saja cinta. Di dalam kehidupan perkawinan ada kesalahan yang dapat di maafkan, tetapi tak sedikit kesalahan yang dilakukan justru dapat merusak hubungan cinta itu sendiri.

1 komentar:

Rinda Puspasari mengatakan...

Salam kenal Mbak Desi...Semoga langgeng perkawinannya...dan semoga selamat ibu dan bayinya menjelang kelahiran nanti....